10 Cara Mencari Uang ala Pelajar

 

Uang jajan yang kurang dan rasa tidak tega menyusahkan orangtua menjadi alasan mengapa banyak pelajar yang nyambi bekerja. Nggak dipungkiri, mendapat uang dari hasil keringat sendiri rasanya memang puas2 gimana…gitu^^ Sayang, cari part-time job di Indonesia susahnya minta ampun… Jangankan part-time, yang full-time aja susahhh… Ups, jangan putus asa dulu, Teman. Berikut sedikit ‘pilihan karir’ yang bisa dicoba. Semangadh!!!

 

1.      Guru les privat

Modal : otak encer, telaten, komunikatif

Steps : untuk Teman mahasiswa, bisa daftar di lembaga les privat tertentu. Biasanya yang tahu lembaga2 beginian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan. Bisa juga mengumpulkan beberapa teman dan mendirikan lembaga sendiri. Untuk Teman pelajar, bisa mulai dengan mengajar tetangga terdekat. Ibu2 yang punya anak seusia SD biasanya suka minta tolong ke tetangga (yang punya anak ‘gede’) untuk mengajari anaknya. Nah, di sinilah peluangmu, Teman. Apalagi kalau Teman dikenal pintar. Biasanya ‘promosi’ ortu (terutama Ibu) lebih ampuh untuk menarik ‘customer’.

2.      Penulis

Modal : skill menulis, pengetahuan luas, pantang menyerah

Steps : Teman bisa memilih menulis fiksi atau nonfiksi. Kalau fiksi, banyaklah baca berita dan sering2 mengirim artikel ke koran. Kalau nonfiksi, kirim cerpen ke majalah. Oiya, kalau memakai cara ini, Teman harus tahan banting. Jangan berharap sekali kirim langsung dimuat. Biasanya butuh berkali-kali sampai bisa ‘nangkring’ di media dan dapat honor lumayan.

3.      Pebisnis kecil-kecilan

Modal : ketrampilan komersial, kreativitas, tahan banting

Steps : Bisnis yang laris salah satunya adalah usaha aksesoris (pin, gantungan kunci, dll). Teman bisa membuat dan mengedarkannya ke teman2 sekelas. Banyak lho peminatnya, apalagi kalau produk Teman murah dan menarik. Selain itu, usaha jasa IT juga berpotensi. Teman2 yang jago IT bisa menawarkan jasa membuat slide presentasi, desain website dan majalah sekolah, atau sekedar mengetikkan makalah. Kalau rajin promosi, konsumennya bisa juga merambah ke guru dan wali murid.

4.      Karyawan toko

Modal : skill yang sesuai, bisa bagi waktu

Steps : Karyawan di sini juga meliputi operator warnet, pelayan kafe, pramuniaga, dsb. Cari kerjaan model begini memang agak susah buat pelajar. Selain harus punya koneksi, juga mesti pintar2 membagi waktu sesuai shift kerja. Kebanyakan yang bekerja sseperti ini adalah para pelajar SMK dan mahasiswa.

5.      Award winner

Modal : menguasai bidang kompetisi tertentu, bermental juara

Steps : Teman harus rajin mengikuti lomba2 di bidang yang teman kuasai. Usahakan ikutilah kompetisi yang menyediakan hadiah uang tunai bagi pemenangnya. Biasanya yang paling sering adalah lomba karya ilmiah, essay, pidato, dll. Pengalaman pribadi, ada mantan senior yang dijuluki ‘Raja KIR’ karena sering memenangkan kompetisi karya ilmiah hingga mengumpulkan jutaan rupiah.

6.      Online advertiser

Modal : kuat ngenet berjam2, blog dan site menarik

Steps : cara mudah kalo gak mau berpeluh2 cari duit. Tinggal bikin blog atau website menarik lalu pasang iklan di situ (via Google Adsense, kumpulblogger, direct ads, dll). Selanjutnya tinggal menarik pengunjung sebanyak2nya agar meng-klik iklan sehingga Teman mendapat komisi. Sebulan sekali, tunggu saja cek pembayarannya. Jika Teman benar2 serius dalam usaha ini, bisa saja jadi online businessman beneran.

7.      Entertainer

Modal : good looking/camera face, skill seni hiburan (musik, model, dance, dsb)

Steps : bisa jadi model, pesinetron, atau paling enggak band yang manggung di kafe2. Untuk model dan pesinetron, mesti sering2 ikut casting, pemilihan cover girl, atau Miss xxx dan Putri yyy. Teman yang bakat musik, aktiflah ngeband dan berusaha manggung di manapun, biar cuma pensi sekolah. Sering2 ikut kompetisi biar makin banyak yang tahu, lama2 bisa diundang ke kafe2. Oiya, jadi penyiar radio juga bisa.

8.      Asisten dosen

Modal : otak encer, telaten mengajar, SKSD ke dosen

Steps : khusus mahasiswa… Biar pinter, gak semua mahasiswa bisa jadi asdos. Yang paling berpeluang tentu yang dikenal dekat oleh para dosen^^ Makanya, Teman rajinlah bertanya saat jam kuliah dan sebisa mungkin ‘promosikan’ kecerdasan Teman pada para dosen.

9.      Pegawai ortu

Modal : rasa berbakti yang amat sangat^^

Steps : kalau ortu Teman punya usaha dan lagi sibuk, coba tawarin untuk membantu. aga warung lah, antar barang pesanan, menggarap laporan, dll. Nggak hanya uang jajan, pahala pun akan bertambah^^

10.  Pekerja serabutan

Modal : sedia setiap saat, jaringan informasi luas

Steps : Dalam setahun, kadang ada even2 tertentu yang butuh banyak sukarelawan, terutama para muda. Misalnya jadi panitia acara kota, L.O. dadakan, atau apalah yang bagian gotong2^^. Selain itu ada momen2 tertentu yang sarat peluang bisnis semacam Valentine, bulan puasa, dll. Intinya, buka kuping selebar mungkin dan tangkap setiap peluang yang ada.

 

Kira2 itu saja. Menurut Teman2 lain bagaimana?

70 Komentar

  1. Buat madreamer, saya salut dengan ide
    anda. Saya memang sudah bukan lagi
    pelajar atau mahasiswa dan saya punya
    aktivitas bisnis yang sangat prospektif. Saya
    sebenarnya juga banyak membantu rekan
    rekan yang masih merasa kurang dalam
    hal pendapatan bulanan. Umumnya mereka
    sangat terbantu dengan produk saya.
    Perkenalkan produk saya adalah pengaman
    sepeda motor bermerk DAENA.
    Apa keistimewaan produk ini ?
    Pengaman motor DAENA adalah satu satu
    nya pengaman yang menggunakan energy
    sistim sentuh. Cobalah anda melihat di seke
    liling kita, berapa banyak orang yang meng
    gunakan sepeda motor ?. Berapa banyak
    sepeda motor baru yang bermunculan di
    jalan setiap bulanannya ? DAN BERAPA
    BANYAK SEPEDA MOTOR YANG HILANG
    DICURI SETIAP BULANNYA ? Saya kata
    kan begitu prospek sekali bisnis ini.
    Lalu apa hebatnya pengaman DAENA ?
    1. Tidak menggunakan saklar.
    2. Tidak menggunakan PIN untuk menyala
    kan sepeda motor.
    3. Tidak perlu menggunakan remote.
    4. Kunci T yg biasa digunakan pencuri tidak
    akan pernah mampu menghidupkan
    sepeda motor
    5. Hanya pemilik sepeda motor yg bisa
    menghidupkan sepeda motor
    6. Produk ini dibuat oleh putra Indonesia
    dengan kwalitas JEPANG.
    7. Produknya bergaransi 1 th.

    Saya yakin anda sering mendengar kalau
    siswa / mahasiswa yang lagi belajar di tem
    pat temannya, tahu tahu waktu pulang se
    peda motornya sudah lenyap. Atau mungkin
    seorang mahasiswa yang lagi memberikan
    les privat, waktu mau pulang kedapatan
    sepeda motornya telah rahib?
    Bisnis ini tidak memerlukan modal banyak.
    Modalnya tidak akan lebih dari anggaran
    pulsa hand phone rata rata orang Indonesia.
    Ringannya adalah rekan rekan yang mau
    mulai usaha boleh beli satu, beli dua dst.
    Saya sangat toleran dan tidak menentukan
    kuota. Margin keuntungan yang didapat
    masih sangat bagus. Tertarik ? Hubungi
    pada email tersebut.
    Saya punya wise word yang bagus.
    Jika kita ingin berperan sebagai pelaku
    usaha, 3 hal yg perlu diperhatikan.
    1. Berpikirlah yang besar.
    2. Mulailah dari yang kecil.
    3. Laksanakan hari ini juga (bukan lusa!).

    AKHIRNYA :
    Success is not something you buy,
    But it’s something you BUILD !

    • boleh minta emailnya , saya mahasiswa upi dan sedang mencari JOB

  2. 1. Berpikirlah yang besar.
    2. Mulailah dari yang kecil.
    3. Laksanakan hari ini juga (bukan lusa!).

    AKHIRNYA : gowe setuju bnget mas….

    • kalau sekarang apa masih ada kalau mau beli ?

  3. saya pelajar smu kelas 2 lagi nyoba saran nomor 1. doain sukses ya…. btw, situs keren nihhh!!

  4. btw, lebih keren lagi klo dikasih tau peluang kerjanya di mana! hehehe
    tapi, saya mau nih klo dikasih informasi, buat bantu-bantu orang tua! cos, saya kan sebentar lagi 8 bersaudara, jadi harus pinter-pinter cari duit! please….

    • asal mn sbnrnya?

  5. smangadh yah dita!!! klo tempat peluang kerja…tentunya itu sesuai dengan kota tempat tinggal kamu yah…pokona keep fightin!!! ^0^

  6. aku bisa dapetin dimana tuh alat pengaman motor?atau saya bisa jadi distributor juga g apa-apa. terima kasih

    • Thank banyak sebelumnya. Bisa anda lihat web saya di daena-safety.com. Mobile ada di 081 8397510

  7. Asss,,,
    Saya mwu tnya soal saran yang nomb 6…
    itu gmna buatnya ????

  8. gmna cra bwat blok atw website ????

    trussss dpat uangnya dri mna ???

    Kq bsa Dpt cek pembayaran ???

    mank spa yg kasih ????

    jwabbb y…. prtnyaand saya secepatnya..

  9. caranya, daftar aja ke situs2 penyedia blog, semacam blogger.com atau wordpress.com atau multiply.com dll. kalau Teman memang berniat membuat blog untuk mencari uang, maka saran saya buatlah blog di blogger.com. Ikuti step by step cara membuat blognya…kalo masi bingung bisa googling tutorial yang BUANYAKKK banget di situs/blog2 pendahulu Anda.

    Anda dapat uang melalui sistem PPC (Pay Per Click). Untuk di blogger.com, sistem ini populer dengan nama Google Adsense. Anda bisa pasang kode iklan di halaman blog Anda, lalu tiap ada yang meng-klik Anda bisa dapat ‘komisi’. Komisi itu adalah ‘bayaran’ dari para pemasang iklan. intinya, para pengiklan itu membayar ke Google, lalu Google memberikan persenan’ ke Anda selaku publisher iklan.

    Di akhir periode, bila jumlah komisi sudah mencapai batas minimum tertentu, uang itu akan dikirimkan dalam bentuk cek via pos ke alamat Anda.

    kurang lebih hanya itu saja yang saia tahu. silahkan kalau Teman2 ingin menambahkan^^

  10. Wah wah wah…

    kok kategori “ikutan kuis2″ ga ada ya???
    padahal saya udah ‘bergelut’ di cara sperti itu dari kelas 3smp ampe skrg 3sma…
    ikutan kuis2 yg diadain di radio trutama radio anak muda yg hadiahnya bejibun walaupun nilainya tidak sbrp tp kalo sering menang jd lumayan juga loh…

    dari awal ikut kuis2 di radio tuh wkt 3smp dpt souvenir+2 tiket sinema 4dimensi yg lumayan dari interview ama Ancol, rasanya sneng pisan..kterusan aja..apalagi kalo dpt hadiah uang…plg gde dpt 375ribu, pnah juga 300,250,200,150,100 mungkin udah lbih dari 7x dpt uang tunai..ama pernah jg dpt mp3 player samsung seharga 400rb!!
    udah dpt kaos lbih dari 10x,dpt voucher jaket 3scnd seharga 200rb!ama souvenir2 lain!

    tapi itu smua g gmpg… lu harus punya:
    >keberanian bwt on air langsung di radio dan siap2 untuk ditanya2+dipermalukan oleh penyiarnya..
    >harus kreatif. yg nelpon itu kadang ada 3-5org, dan harus ikutin perintah/cara maen yg dksih si penyiar dan lu harus jd yg plg kreatif dan unik!
    >keberuntungan! ya, percuma aja mau iktn tp nyambung ke line tlpnya aja g pernah…harus punya trik2 tertentu…

  11. thanks ya atas sarannya . saya emang suka sekali bermain di dunia maya . saya juga mempunyai blog . tapi , ko susah deh daftar di google adsense ya . mohon bantuan nya .

    http://rurry-blog.blogspot.com/

  12. ass.. saya pikir bisnis yang cocok buat pelaja itu, daintaranya bikin kafe kecil kecilan. mungkin diantaranya, semacem warkop ( alias warung kopi )

  13. TEING ANJINK AH, EMANG GUA PIKIRIN. LOE SMUA DAH PADA GILA!!!!!!!!!!!!!!

  14. dpetin duit gampang yaitu bisnis jaket,bju ala distro yg lg tren lo isa dpt brg bm atau bwat sndri,, coz bisnis plg laku tuh d jaktim…

  15. sarannya ada yang udah aku lakuin jualan pin,gantungan jam,coklat
    semua deh yang aksesoris tp gak trlalu banyak dpt n skarang aku lg
    berfikir gmna klw join sm distro tp yg aku bingung??
    kan anak pelajar jarang yg bs bayar cash harus nyicil apa
    para distro mau dicicil… n gmna klw sampai hasilnya jelek..
    bingung dech..
    n gmna caranya aku dapat uang lebih
    apa harga barang2 distronya aku naikkin
    tp brpa persen gmna donk aku bingung bgt nich……..?????

    • maaf sebelumnya,,! harga itu gak usah dinaikin yang terpenting kamu mendapatkan pelanggan yang cukup yang bisa kamu ajak join dan benar bisa diajak..! kalau perlu kamu memiliki patner bisnis supaya lebih lancar kerjanya

  16. kami PINBOO Bandung hendak mempromosikan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik,
    pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci+crop pembuka botol,
    pin magnet,dan pin gantunagn kunci 1 muka, kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll)
    dan bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm.
    selain itu kami juga membuat id-card instan dan menjual bahan baku id-card 2 muka(bolak balik)
    terimakasih..
    tlp. (022)91147817, (022)91357313
    http://www.pinboo.org
    proprint_pinboo@yahoo.com

  17. hai guys..
    gue lg bingung neh,,gue ga dapeet uang ongkos sekolah dari kaka tiri gue,ntah smpe kapan.gue bingung gimana cara nyari uang yang bisa ngalir tiap hari..
    plizzz dong kasih saran!!!!
    gue bingung bgt,gue ga tingggal sama bonyok gue???

  18. sebenarnya mencari uang di internet itu memang susah susah gampang..
    mudah klo tahu caranya..

    ada yg gratis dan bayar..

    klo yg gratis biasanya lama dan sedikit hasilnya,,cuma buang waktu doang..
    klo yg bayar itu cepat dan memuaskan
    tapi harus hati-hati juga karena banyak web yg menipu atau scam.

    tapi untungnya saya telah menemukan web yg super mantap..
    agan2 mungkin juga sngat suka..
    sangat menambah wawasan dan ilmu baru
    oke,,
    langsung ke tkp bro..

  19. aku rasa aku orangnya sering melamun, atau istilah keren nya daydreaming. aku mau coba jalani cara no. 2 doa’ain ya moga berhasil…

  20. aku ittu punya masalah pembayaran ma satu perusahaan makanan..dan aku uda tenggat waktu 1 bulan,saya hanya punya waktu 3 hari untuk melunasi pembayaran tersebut
    saya harus bagaimana yaa??

  21. makasihh infonya

  22. makasi sarannya bos.
    sekarang saya juga sedang mengusahakan point ke 6.
    ini hasilnya
    http://www.i-madeangga.blogspot.com
    mhon bimbnganya ya sobat, biar cepet kayak gini blognya.
    heheh

  23. saya sukses mencoba no 1
    lumayan hasilnya
    lebih dari cukup buat jajan sebulan. Hehe
    makasih sarannya
    doain ya semoga jalan terus :)

  24. Ka,kalo aku kan masih pelajar kelas 3smp terus pengen tuh ngedapetin duit cepet biar bisa memenuhi keinginanku gimana tuh ka caranya ?

  25. makasih saranya !! ane pengin nyoba bisnis desain…jadi ngejual desain ane…:D
    atau kalo ngga ni lagi buat komsep2 komik, moga2 bisa ketrima :D
    thanks….

    -

  26. thankZZ buat sarannya,bner2 nambah inspirasi buwat gw biar bs skolah nyambi cari duit.lumayan darypda bisanya cuma minta doank,mending cari sendiri, yah itung2 biar ngerasaain sendiri betapa susahnya krja itu,
    good Luck,,, :-)

  27. bolleh juga niehhhh ,, gue suka ide na ,,,
    walaupun gue emangmiskin , tapi gue juga kan perlu berusaha

    • asl kamu emangx dmn?

  28. goog luck ja degh
    bwt yang udah pada berhasil

    and bwt yang belum berhasil
    sabar sabar ajj ea
    :)

    good luck…………… ok……..

  29. bagi yang merasa kesulitan untuk mencari uang dalam waktu dekat,dan bagi kalian yang ingin mendapatkan uang dalam waktu cepat dan terbukti kebenaranya, ikutilah bisnis melia nature propolis.
    cara bisnis gampang kita cukup daftar ke melia propolis hanya membayar 30.000 rupiah, tapi dengan uang segitu kita belum dapat bonus uang atau pun kiriman transfer. jadi kita harus membeli dulu produk dari melia nature sebanyak 1 paket yaitu 7 botol propolis, seharga 550.000,tetapi kita harus mendapatkan bawahan orang yang telah kita prospek dan ingin ikut dengan kita , dari modal segitu kita tidak akan rugi, karena harga satuan untuk seles seharga100.000 /btl .jika kita mendapatkan satu orang, kita mendapatkan 100.000 bonus dari sponsor, tetapi hanya sekali. jika kita sudah mendapatkan seperti pada gambar di bawah:

    (anda) (anda)
    / \ /\ / \ / \
    (a) (b) (c)(d) (a)(b) (c)(d)
    kiri 2 kanan 2 = 170.000 /hari /\ /\
    kiri4 kanan 4 = 340.00/hari (e)(f) (g)(h)

    jika anda berminat untuk bisnis ini, hubungi saya disini nanti saya akan mengonfirm anda dengan teman saya yaitu leader saya ( kepemimpinan )
    terima kasih

  30. makKacCiiH utTk neWs_x,mOgaa2 d4Hh aQ Bbza nNyRii dUuiT yaAch..?

  31. waww,, kreatif banget idenya . Thanks ya udah sharing..

  32. aku sudah ikut melia nature dan hasilnya alhamdulillah bisa buat jajan sehari-hari sama di tabung

  33. Hem bgus bget yach ide.a kreatif smua .i like it ,:)

  34. Aku suka yang nomor 7!!

  35. saya kelas 1 SMP. terkadang uang jajan tidak cukup dengan kebutuhan saya… kira-kira poin yang mana ya? sekiranya saya anaknya suka gak pede…

  36. Ok banget tuh ada banyak pilihan koq tinggal orangnya mau jalanin serius gak.

  37. cara yang mudah beserta petunjuk n cnth dong !

  38. Ass.wr.wb aku leni,
    aku siswi smk kelas 3,aku pengen usaha, tapi aku mau usaha yg kecil” dulu
    aku minat untuk jadi penulis
    aku mau nanya langkah awal menjadi penulis apa ya?, dan modal nya apa saja,maksih ka :)

    • wassalam wr.wb
      aku juga pengen jadi penulis, kata orang-orang yang aku tanya, setiap tulisan itu harus berkarakter, yang nggak pasaran gitu.

    • Alhamdulillah telah hadir keAJAIBan Amal Usaha e-miracle bersama Ustd Yusuf Mansur di emiracle ASLI JoinSyariah.Com raih Bonus Puluhan Juta perbulan dengan Berkah Muamalah Di Tengah Dakwah.
      http://www.joinsyariah.com/?id=adamgina

  39. saya mencoba cara kedua, tapi belum berhasil terbit ke media masa. tyus gmana ???

  40. Saya ingin memberikan sanggahan. Pada point yang kedua, untuk fiksi adalah artikel, padahal artikel adalah nonfiksi

  41. Sanggahan. Menurut point 2, untuk karya sastra fiksi adalah artikel. Padahal itu adalah non fiksi.

  42. penegn usaha/ bisa ngehasilin uang tapi
    penegen halal.
    susah rasanya buat seorang pelajar kayak saya.. sya kurang suka dalam hal menulis… apalg mesti bikin semacm fiksi non fiksi.
    ada gak ea cara yg selain itu

  43. mau tanya, maksudnya pekerjaan dari ‘online advertiser’ itu apa? Sma kyk jualan online kah? Atau gimana, tolong di jelasin ya.
    Thanks :)

  44. HHMMM……. be better ^^
    tapi gimana yaa kalo mau coba usaha kecil-kecilan gituh…????
    hhoho butuh kerja extra tuh kaya nya ..!

  45. ass.. Thanks bgt infony.. Ku anak kelas 3 smk yg mau daftar kuliah, ku pngen coba bisnis yg point 6.. Ku udh bwat blog tp kok malah bngung mau di isi apa gthu,, Kira2 apa kiat2 n trikny ya? O ya ku jg msh agak gaptek ne. . Please..

  46. makasih infonya kaka

  47. I really wanted to discuss this specific post, “10 Cara Mencari Uang ala Pelajar Dunia Pelajar dan Mahasiswa” along
    with my best buddies on fb. Ibasically wanted to spread ur great publishing!
    Regards, Jerri

  48. Waahhh ada yg belum di tulis nih, Ada loh cara mencari uang untuk pelajar dan mahasiswa tanpa mengganggu kegiatan belajar.

    • gimana caranya??

  49. misalnya kaLau cara penjualannya melalui online shop nah itu gimana cara pembayarannya..??
    Yg saya tau pembayarannya melalui bank dan menggunakan rekenning, kaLau seperti saya yg lgi duduk di bangku sma dan ingin memulai usaha gimana cara bkin rekening dan cara pendistribusiannya gimana…
    Minta bntuannya yaaa
    balas

  50. misalnya kaLau cara penjualannya melalui online shop nah itu gimana cara pembayarannya..??
    Yg saya tau pembayarannya melalui bank dan menggunakan rekenning, kaLau seperti saya yg lgi duduk di bangku sma dan ingin memulai usaha gimana cara bkin rekening dan cara pendistribusiannya gimana…??
    Minta bntuannya yaaa
    balas??

  51. saya mau cari yang bisa di ajak kerjasama nya gmn?…

  52. tapi gan saya di desa, gimana saya mau mengirim cerpen ke majalah?

  53. saya ingin punya kerja sampingan di sampingk saya msih sbgai pelajar !
    tapi saya gk tau hrus gmn dan apa yg harus sya lkukan krna kmampuan sya sngat terbatas ..

  54. Wah, bagus nih ;) saya bukmark ya :D

  55. Saya suka banget nih , soal nya saya pelajar yg lagi kepengen cari penghasilan . Jadi , mohon bantuannya .

    • Saya juga pelajar 2smea.
      Rencana saya. Saya skrng bsnis jual pulsa modal 50rb. Skrng uang sya sdah trkumpul 200rb an. Nah stlah uuangnya dpt 500rb. An. Saya pngn beli printer cannon buat produksi stiker sndiri. Tp susahnya nyari bahan kertas stker itu dmna?? Sarannya dong.:)

  56. […] Anda adalah seorang siswa yang ingin mandiri dan menghasilkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan harian Anda? Jika iya, pertimbangkan untuk melakukan salah […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.