Mengapa Orang Indonesia Bodoh?

Orang Indonesia banyak yang bodoh, tapi gak sadar kalau dia bodoh dan berlagak seolah2 tidak bodoh. Malah banyak orang bodoh yang suka membodoh-bodohi orang lain, padahal dia sendiri sebetulnya sedang dibodohi. Sungguh kebodohan yang amat bodoh!!! Kok bisa ya mereka sebegitu bodohnya???

1.      Sekolah Mahal

Masuk SD bagus aja bayar sampe 5 juta. Mau kuliah aja harus keluar kocek sampe ratusan juta. Gimana mau pinter??? Di negara maju sekolah gratis, Bung. Di ‘negara mundur’ saja yang mau sekolah mesti ngutang dulu. Kok senang ya ‘orang2 berkuasa’ itu bikin sekolah komersil. Mbok ya kalau mau kaya bikin bisnis aja sana. Mau nipu orang kek, mau ngeruk duit kek, sah2 saja, namanya juga bisnis. Tapi ya jangan ‘ngeruk duit’ di sekolah dong. Jangan ‘meres’ pelajar, jangan meres orang tua. Wong2 cilik itu sudah kering kerontang badannya, eee kok ya masih tega diperes!!! Orang mau pinter kok dihalang2i, penguasa macam apa itu??? Bikin malu saja!!!

2.      Sekolah Gak Bermutu

Sudah bayar mahal, isinya gak mutu pula. Tanpa bermaksud menggeneralisasikan, ada sekolah2 favorit yang biayanya selangit, ternyata mutunya cuma sak’iprit. Nampaknya banyak sekolah yang belum paham benar apa sesungguhnya yang dimaksud ‘sekolah bermutu’. Masyarakat menilai sekolah bermutu itu yang gedungnya megah, fasilitasnya mewah, komputer ngecling, papan nama internasional, dsb, dll, dst, dkk! Padahal yang penting itu kan sistemnya. Metode pembelajaran, SDM guru, dan kedisiplinan. Buat apa komputer canggih kalo Cuma dipake nge-game? Buat apa LCD, TV, VCD kalo guru Cuma nyuruh hafalan buku teks? Buat apa sih semua fasilitas modern itu kalo metode pembelajaran kita masih kuno??? Asli gak ada bedanya sama sekolah2 reyot zaman Belanda dulu. Yang beda Cuma bungkusnya aja. Dalemnya? Nonsense!

3.      Sekolah Cuma Dikit

Mahal, gak mutu, dikit pula. Orang Jawa mungkin gak terlalu merasakan masalah ini, tapi anak2 di daerah pedalaman Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan pulau2 nun jauh di pelosok sana jelas menjadi korban. Kadang2 sekolah Cuma ada di ibukota kabupaten, dan untuk mencapainya pun sulit sekali. Di sekolah yang Cuma satu2nya itu, fasilitasnya juga seadanya. Satu sekolah bisa Cuma dua guru. Kalo lihat yang kayak begini, kita gak bisa nyalahin dong kalo SDA mereka dirampok sama orang asing. Kekayaan alam mereka pun akhirnya Cuma memperkaya orang yang sudah kaya, sedangkan mereka sendiri tetap berkubang dalam lingkaran kemiskinan yang nggak ada ujungnya. Cuma pendidikan yang bisa memutusnya, dan itupun nggak bisa mereka dapatkan.

Memang, kalo mau pintar, intinya ya sekolah. Kalau sekolah saja masih susah, jangan harap orang Indonesia bisa pintar. Karena itu Teman, kita2 yang sudah mendapat status sebagai ‘pelajar dan mahasiswa’ ini sudah sepatutnya bersyukur. Mudah2an kita bisa jadi orang pintar dan membuat semua anak Indonesia lebih dan lebih pintar lagi!

87 Komentar

  1. Selagi anda nggak mau jadi guru…. ya semua orang indonesia bodoh, mungkin gitu maksud anda, ya …. jadilah guru untuk seluruh orang indonesia yang anda anggap bodoh… moga-moga semua jadi pinter seperti anda, semoga

    • ya,, dia amet pinter dari lu…. gak bisa di nafikan lagi

  2. kok marah-marah?

  3. Hahah.. Bener, bener..
    Tapi ini perlu uang, dan pemerintah kekurangan uang, kenapa? Sebenarnya penghasilan negara sudah cukup atau lebih, tapi karena preistiwa korupsi2 yang menyensarakan negara.
    Tapi kalo orang nggak sekolah, terlalu bodoh kali untuk nyadar bahwa ini adalah korupsi. Ya, lingkaran setan ini namanya.. :/
    Harus ada sukarelawan, orang Indonesia yang pinter2 harus meng educate saudara2 sebangsa tanah airnya. Harus ada yang mulai…..

  4. “Orang Indonesia Bodoh?”
    terlalu digeneralisasi tuhh…
    :D

  5. Pendapat anda bahwa sorang indonesia bodoh karena sekolah mahal, sekolah gak bermutu dan sekolah cuma dikit sangat benar. Tetapi cuma faktor eksternal, artinya jika masalah-masalah eksternal itu bisa diatasi, sekolah gratis, sekolah bermutu dan jumlkah sekolah diperbanyak, boleh juga dong orang indonesia pinter-peinter. tapi suerr deh, diskusi ini menarik.
    salam kenal
    Andi

  6. Sebenarnya sih ujung tombak lembaga pendidikan tuh ada pada tenaga pengajarnya, maksudnya gini: sekarang kan banyak sekolah yang membuka kelas unggulan yang pastinya harganya jauh lebih mahal dibanding kelas biasa, kenapa harus begitu?kenapa gak disamain aja fasilitas n mutu pembelajarannya gak harus dibedain antara kelas biasa dan kelas unggulan?pasti karena UANG kan?

    • nggak ada sih orang yang bodoh dalam dunia ini…cumanya ya tidak pintar aje deh..kalau bodoh manusia itu ngak boleh hidup dong di dunia

    • iya donk..seperti di Malaysia..sekolah yg mahal (utuk org kaya) hanya sikit saja. tetapi sekolah kerajaan banyak (utuk org sederhana/miskin) banyak sekali. kos nya amat murah. contohi sistem pendidikan Malaysia donk..ayuh! jadikan rakyat indonesia bijak! asik2 uang,uang,korupsi,korupsi..
      sampai bila mau maju donki? salam..

      • benar bangat tuh zzzz.. huhu

  7. Intinya, sistem pendidikan di Indonesia sudah amburadul. Belum lagi mental kerja guru negeri yang sudah rusak. Tiap hari ada saja jam kosong. Paling guru piket yang masuk yang hanya berfungsi sebagai satpam yang menjaga siswa supaya tidak keluyuran. Dilarang jual buku, eh…bisnis les yang nilai siswanya tergantung kepada bayaran les. Apalgi dengan alasan HAM, guru tidak boleh menghukum siswa. Sangat jarang guru yang memeriksa PR siswa. PR siswa kebanyakan bukan dikerjakan oleh siswa. Tapi, siapa hayooooo. Apalagi meneriksa catatan siswa, mana ada guru yang mau repot? Kalaupun ada, ibarat sebatang jarum dalam setruk pasir. Lihat saja, betapa banyak siswa SMP dan SMA tidak mengerti pelajaran dasar SD. Kalau kondisi seperti ini, masih percaya suatu sekolah lulus UN 100% kalau tidak ada tim sukses?

  8. Dah BODOH tu gak Usah BLaja….
    NAnti Tetap BODOH jgak….

    • kamu manusia plg keji didunia!
      bikin malu makhluk tuhan aja
      salam..

  9. ah udah , , , ,
    emang orang2nya udah goblok2, matanya cuma di duit ajah ,,,
    cepetin kiamat deh. .
    biar nda liad orang macem gitu lagi

  10. Indonesia sebuah negara yg x berhenti2 minta bantuan negara luar..
    Malaysia jg kerap kali menghulurkan simpati,membantu dgn Ikhlas..tp kerap kali menerima akibat dan tindak balas buruk dari Indonesia…
    Sikap org Indonesia yg seperti ” Bodoh sombong”…harus diubah jika ingin maju…
    berhenti mnyombong,sedar diri dan berterima kasih lah warga Indonesia Sekalian..

    • benar bnget sih,, aku ya brtrima kasih sma kalian kerna sudi mmbntu kita disini,.. pnduduk Malaysia amat baik sekali,,. aku juga amet suka pada bahasa kalian.. kalian gk malng ap2 kk.. hnya segelintir kita yg gk nyadar kebaikan klian.. dari uang klian, mma aku ya bisa nrusin hdup.. hidup Malindo!..

      • jika seluruh warga indo seperti kamu, maka bangsa indo pasti lebih berjaya dari sekarang ini.

  11. jadi generasi terburuk indonesia adalah generasi kedua setelah kemerdekaan (generasi ortu kita). sbagai gnerasi ketiga stelah kemerdekaan kita tdk bleh berbuat sperti generasi ke-2

  12. Sekolah sementara ini cuma ladang Korupsi! I’ts true, DSP (Dana Sumbangan Pendidikan), SPP, Bantuan Operasional Murid, BOS, Dana Bantuan Pemerintah untuk RKB (Ruang Kelas Baru), Peralatan, Rehabilitasi, dll. Adalah lahan utak-atik para Kepsek buat nambahin kekayaan, Komite Sekolah cuma manggut-manggut asal kebagian!!
    Guru PNS yg Gajinya dobel pun (karena dapet tunjangan sertifikasi) kerjanya asal-asalan, kadang yang jadi ujung tombak justru guru Honorer dengan gaji minim…??!!
    Selalu berharap kelak semoga bangsa ini menjadi pintar, tapi bukan pintar korupsi…

  13. saya rasa semua argumen diatas tentang indonesia bodon sangat benar. disini tidak ada aksi tegas menganai perubahan untuk memutar balik sebuah prinsip. dari lambat menjadi cepat, bodoh jadi pinter. semua hanya ongkos(omong kosong). tidak ada bukti nyata. tidak ada kerja nyata.

  14. saya rasa semua argumen diatas tentang indonesia bodoh sangat benar. disini tidak ada aksi tegas menganai perubahan untuk memutar balik sebuah prinsip. dari lambat menjadi cepat, bodoh jadi pinter. semua hanya ongkos(omong kosong). tidak ada bukti nyata. tidak ada kerja nyata.
    Balas

  15. mmemang bangsa indonesia bodoh deh.bangsa perokok

    • trmasuk kow

      • bener apa yang dibicara oleh nya. kamu harus menerima fakta.
        negara kamu ramai perokok. rokok itu adalah salah satu sebab mengapa seseorang itu jadi bodoh. (maaf ya jikalau tersinggung) itu fakta..kurangkan tabiat merokok demi masa depan kalian. salam dari malaysia..

  16. yg org indonesia diem ajha.. syukur2 gak d usir.. blg org bdoh itu ap gk smbong?…
    aneh…

  17. orang indonesia memang bodoh..

    • mereka bukan bodoh. tetapi mereka (sesetengah nya) jadi mangsa korupsi uang.
      saya yakin, mereka boleh m’bangun dgn pesat jika kurang korupsi uang.

  18. indonesia gak punya tamadun..

    • gak punya tamadun itu kamu. ada otak tapi gak ada akal utk berfikir sebelum berbicara..

  19. aku malu menjadi warganya indonesia…kok bisa d aceh,sulawesi,papua,sumatra gak pernah mo maju apa lg mau ketemu ama president nya,,,malu deh,,seperti di malaysia,dimalaysia warganya aman,tidak berantem atau merusuh,aku lagi pernah ke malaysia,walaupun di sana terdapat kaum melayu,cina,india,,tetapi mereka hidup aman dan tenang,,gak pernah aku temuin rakyatnya yang bergaduh atau bikin masalah..mereka pantes maju pada tahun 2020,karna mereka aman,politik stabil,ekonomi stabil..gak seperti di indonesia,,ketauan malah brantem sesama muslim..

    • betul dong!

    • karena malaysia negaranya konservatif. informasi di media sangat terbatas. info2 selebritis hanya diberi sedikit ruang di koran. kalo disini… ya tau sendiri.

      itu bikin orang malaysia rada ignorant, alias kayak gatau ada kejadian (kasus manohara aja mereka pada gaktau). tapi itu bikin mereka fokus sama hal-hal yang memajukan mereka. mereka bersenang-senang dengan cara dan fasilitas berkelas internasional, mereka lebih Asia dibandingkan kita yang lebih kayak bagian dari sisa-sisa kawasan pasifik.

      • Salah itu loh…kerna di malaysia juga ada koran dari partei oposisi ..= HARAKAH ..yang tiap ceritanya semuanya menjelekkan pemerintah malaysia….tapi masih dibenarkan loh…sudah puluhan tahun lagi koran itu berada….lagiyan di malaysia kasus manohara tidak mahu di ambil pusing oleh warganya kok…kasus rumah tangga katanya…buat apa pusing berdemo..bodoh saja tingkahnya.

    • di malaysia sekolahnya gratis kok selama 11 tahun ( 6 tahun SD dan 5 tahun SMP/SMA )….jika ada orang tua yang tidak menghantar anaknya kesekolah, pasti akan dipenjarakan di malaysia….

      anak2 sekolah diberi buku2 secara gratis dan diberi uang oleh pemerintahnya =rm100 = Rp300.000 untuk membeli sendiri baju sekolah…aku masih bekerja sebagai TKI di malaysia, sudah lebih 12 tahun .

  20. setuju ma miko..malaysia pantes maju pada tahun 2020…aku lagi mau kesana,,mau menjadi warganegaranya..

    • kedatangan anda di alu-alukan..

  21. gw gak terkejut jika ternyata ujung2nya ngomongin sekolah, pendidikan dan menyalahkan orang-orang pemerintahan.

    pernah mikir nggak kalo kita bodoh karena faktor geografis. penduduk tropis umumnya memang tidak cerdas. karena cuaca yang panas membuat kerja otak lambat. kita belum cocok dengan budaya dunia yang berhubungan dengan charity, spiritual, kecerdasan emosional, dll

    yang teknis2 melulu, berkoar2 indonesia maju! indonesia maju! melulu.

    kita berpikir dengan cara yang apa yang bakal semua orang pikirkan. mindset template. everyone humble. everyone nice to each other. everyone using the same “smileys”. tapi sekarang jatoh2nya semua orang siap mencekal pendapat orang. seperti “i’m easy and nice but you can’t beat me.”

    • Sip bro, jwaban bagus ntu. aku suka, optimsi aja lah, apa sih yang g’ mungkin. everything is possible..!!

  22. pernah gax denger kata ini,,
    ”ILMU ITU MAHAL..!!”
    dasar orang malay=malas
    pola pikir yang dangkal kau malay..

  23. Harus berkaca sendiri sendiri ini..
    Moga moga pendidikan indonesia maju yah!! hehehe

  24. tp x smua indon cam tu ad yang baik
    tp indon mmg suka gadoh pun smua negara dia gadoh thailand
    pun die gadoh ayah aku orang indun mak aku orag thalland
    tp aku lahir kan malaysia aku bangga jd rakyak malaysia
    dn sokong thailand
    wahai orang2 jangan bantu indon lagi

    • tidak baik berkata bergitu teman, kerana yang membantu itu akan mendapat imbalannya dari allah juga, jika yang menerimanya pula malah marah, itu dosa pada penerimanya kok..seperti kasusu bantuang malaysia di medan yang dibaling batu oleh warga jawa.

  25. perlunya sikap utk merubah budaya malas menjadi budaya selalu menghargai waktu seperti di jepang itu ya.

  26. coba kyk Jerman n Jepang, skolah gratis, kuliah gratis, guru berskill, teknologi canggih, siswa peduli, guru peduli, kerja keras, disiplin. Gak Kayak Indonesia tolol seperti ini :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6006405

  27. yang penting tuu bagaimana cara sistim kita berubah menjadi lebih baikk
    “Pemimpin yang hebat adalah bisa menarik masa depan 10 tahun kedepan menjadi saat ini”

    Dan yang terpenting !! proteksi diri menyeleksi segala pengaruh2 yang banyak merugikan kita ..
    kita sebagai warga indonesia toh ??! bukannya harus menyalahkan keadaan sekarang ,. tetapi beusaha membuat Dunia Berubah Karena Kita …

    You Must Remember It .. ^_^

  28. Postingan yang provokatif :)
    Kalau boleh ingin sedikit saya tambahkan lagi satu faktor yang membuat Indonesia tertinggal dalam hal edukasi. Sekolah telah berubah fungsi dari tempat menimba ilmu, menjadi persyaratan mendapatkan pekerjaan. Tidak lagi ada semangat untuk menggali potensi. Tidak ada lagi semangat untuk mendapatkan penemuan baru dari ilmu pengetahuan. Itu karena mayoritas orang Indonesia bersekolah dengan target simpel “yah, yang penting bisa dapat nilai bagus n diterima kerja suatu hari nanti”. Jadinya wajar saja kalau sekolah dikomersialisasikan. Itu justru karena kebutuhan masyarakat akan ijazahnya, bukan ilmunya. Mental menjadi bawahan yang turun-temurun diwariskan ke generasi kita adalah salah satu yang perlu disalahkan.

    Salam dari blogger Makassar.

    • aq setuju dengan pernyataan u brow….
      tp gmn caranya untuk membina anak bangsa supaya dapat berkemampuan tinggi….

      sq salut ma u brow….
      u bisa sadar disaat bangsa ini terpuruk kekacauan….
      semoga tuhan membangunkan bangsa ini lewat tangan orang-orang sepertimu………

  29. terbaik la

  30. s7…pekerjaan yg di cari bukan ilmu yang di bagi

  31. AKU BENCI INDONESIA!!!!! AKU PUTUS SEKOLAH KARENA TAK ADA UANG!!!!!
    FUCKKKKKKK!!!!!

  32. tambah satu lagi, mutu gurunya juga bodoh, bloon, begok, tolol cuman seneng gajinya tok?

  33. mau skolah perlukan wang yang banyak juga ka? ya ampun… mengapa indonesia mcm ini? siste pendidikan d indonesia jauh bezanya dengan sistem pendidikan di malaysia….di malaysia kami x perlu bayar banyak2…. kami cma byar yurannya saja..itu pun atleast cuma rm50 saja atau rp 142000…… di malaysia kerajaan prihatin… hehehe……..

  34. seandainya di indonesia di tegakan hukum kishos, insyaallah pasti akan mengurangi tangan jail. yang korupsi, yang maling, yang penipu ya….. banyak banget lah…..
    pastilah indonesia kita akan maju dengan anak” berprestasi, lalu anak” yang berprestasi itu akan membawah si pemalas untuk semangat maju….

  35. heiiiiii……….. kalian ……….
    jangan salahkan negara ini………..
    negara ini adalah negara yang adil dan makmur…..
    buktinya waktu di pegang bpk. soekarno………
    tp salah kan orang-orang yang membuat bangsa ini kacau balau…..
    kasianlah bangsa ini……
    JANGAN DI BENCI DOUNG……
    pliiiisssssssss………..
    cari solusi untuk menjunjung tinggi bangsa ini……..

  36. salahnya adalah membelalangi ajaran rasul saw iaitu qur’qn dqn sunnahnya ‘kaji satu ayat baca tafsirnya AMALkan .dak usah banyak teori, titik’

  37. indon mmg bodoh .semak kt negara orang .mengemis seperti anjing kelaparan

  38. Tau apa kamu ttng Indonesia? Malaysia wilayahnya jauh lbh kecil dari Indonesia ya wajar lbh mudah membinanya..seperi satu keluaga yg banyak punya anak dan kebutuhan tentu lain dengan keluarga yg anaknya cmn sedikit..Saya muak dgn komentar anda2 org malaysia yang merendahkan Indonesia sementara dimata kami sebagian besar org Indonesia menilai bangsa kalian tak lbh baik dari seorang pemerkosa pembantu, penindas kau yg lmh, perampok wilayah orang, dan sebagainya..coba kl bangsa kalian besar tentu tak kan pernah melakukan semu itu. Apa lg terhadap tetangga yg kalian anggap lemah. Bertidak sll menghubung2kan dgn masalah agama Islam sementara banyak perbuatan justru seperti org tak beragama. Jadi sebelum menghina orang periksa diri kalian dahulu apa sudah baik dan benar…Bagi kalian orang malaysia kami Indon yang bodoh tp bagi kami orang Indonesia kalian tak lbh pintar dari Indon yg kalian hina..bahkan lebih rendah dari kalian sangka…

    • bertawakal aja sama yang Maha Kuasa.. jangan merluluh kerna kami semu didik dengan sempurna sejak kecil lagi.. kami gak pernah mengatakan yang org indon bodoh dan apa2 aja… kami sebenarnya sedih lihat nagara kalian,. kami faham yang kami nie sebuah negara yang kecil.. tapi negara kecil atau besar itu bukan halangnya utk maju… kami dari malaysia siap memberi bantuan dengan seikhlasnya.. saya pernah pergi ke indon.. saya terpegun dengan negara yang besar.. tapi saya gak sangka ramai peremis di jalan.. tiap lorong terpercil ada aja peremis.. membuat saya takut berjalan sendirian di indon.. maaf ya.. klo emang kamu semua anggap kami bukan saudara kamu.. kami faham.. emang benar kami di malaysia gak berperlu bayari sekolah sampai begituh sekali.. buku teks juga free.. itu tak dapat di nafikan lagi..

  39. Aku orang KL. Aku malu punya Malaysia. Semua yang diambil Malaysia dari Indonesia ternyata benar. Aku diberitahu sama opa aku. Semoga Malaysia sadar. Kapan2 aku mau ke Indonesia. Ternyata Indonesia lebih baik dari Malaysia. Malaysia ternyata pencuri. Angklung, rendang, batik, wayang, reog, lagu rasa sayange, dll. Ternyata dari Indonesia.

    • Ko bkn org KL..ko org indon yg duk at KL..xya la nak menipu lebih..kami org Malaysia xmeniru sesiapa..kami terdiri drpd bangsa melayu, cina dan india serta sabah dan sarawak memiliki budaya kami masing2 turun temurun dari nenek moyang kami..abah keturunan melayu bugis, n mak sy keturunan melayu cina (nenek asal hong kong) rendang,baju melayu,lagu rasa sayang,wayang kulit, dan sebagainye yg diakatakn warga indonesia sbgi hak mereka yg mutlak adlh xbenar sama sekali..Malaysia juga de bangsa melayu yg menetap di Afrika selatan dan menjadi warganegara afrika selatan yg fasih berbahasa melayu n menggunakn adat dan budaya spti otg melayu ttpi kami xpena perlekehkn mereka kerna mreka asal usul dr Malaysia..bg kami sekurg2nye dunia tau akan budaya dan adat resam org melayu agar xketinggalan zaman ditelan budaya barat yg berleluasa..kt Malaysia Dan Indonesia adlh serumpun..sepatutnye bersatu bersama2 membangunkn bangsa Kt di mata dunia..bkn menjatuhkn bangsa kt antra 1 sama lain hanya disebabkn perkara yg remeh temeh..bangsa barat hanya ketawa dan mmperlekehkn kt dr jauh ble kt sibuk bergaduh n bertengkar antra 1 sama lain..bangun la bangsa Melayu semua..kt serumpun..negara china xpena marah bila mana negara malaysia or ngra lainnye yg de rmai penduduk cina spti singapore menggunakan adat dan budaya mereka kerna mereka tau bhwa penduduk cina rmai memajukn dri masing2 di ngra masing2..sehingga bangsa cina berjaya wujudkn chinatown di setiap negara di dunia..kt ptt contohi negara china klo nak kenalkn budaya dan adat kt masing2 di mata dunia spya kt melayu dikenali..spya xde la jadi mcm Lkatak di bawah Tempurung”..Salam

    • alah..dari komentak kamu saja jelas kamu bangsa indo …sama seperti aku yang 12 tahun menjadi TKI di malaysia. aku tidak mahu menjelekkan bangsa indo dan tidak akan mengadu domba seperti kamu.

      teman2 aku saja sudah ramai yang menjadi warga malaysia, sudah mendapat mykad = KTP. aku juga lagi menunggu dari KDN malaysia untuk mendapatkan taraf warganegara malaysia. kerana merasakan pajak yang dibayar akan bisa dirasi kembali …tapi aku haru bisa berbicara bahasa malaysia sebisa mungkin loh, jika masih berbicara bahasa indo, pasti ditolak…hihihi..

    • hahahahah…mengaku orang Malaysia…gaya penulisan pun dah tau yang awak tu memang orang Indon. Cukup-cukuplah dengan niat jahat mengadu domba. Orang yang membaca akan menilai sisi peribadi awak yang terang-terangan akan menjatuhkan martabat bangsa dan negara awak sendiri.

  40. indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..indon bodoh..

    • jangan memperlihatkan moral kamu yang rendah disini lah…..bikin malu bangsa kamu yang lain yang bisa sopan di sini..

  41. indonesia negara bodoh selama 1000 generasi

  42. SEMUA PADA KORUPSI,,
    HAK ASASI MANUSIA MANA??
    ADA YG BAKAR DIRI UTK MEMBELA HAK ASASI MANUSIA….
    TAK ADA TINDAK AN NYATA…..
    SEKOLAH AJA GAK ADA FASILITAS YG BAGUS,
    GURU AJAR AJA PAKE PAPAN TULIS,, GAK MODERN..
    KAYA JAMAN BATU AJA MASIH NULIS2…

  43. daripada kamu mengeluh, lebih baik kamu belajar. Tidak usah menyalahkan orang lain, dari post yang Anda buat dan kata-katanya, terlihat sekali Anda hobi mengeluh.

  44. Sebenarnya.. bangsa kita adalah bangsa yang luhur.. dlm beberapa hal, kita mampu berprestasi. Mungkin kita bisa menyamai bangsa Aria, Jepang, maupun Ibrani. Permasalahannya hanya 2: Pemerintah dan rakyat itu sendiri. Pemerintah sibuk mengisi perut mereka sendiri, rakyat dibodohi dgn televisi.
    Sesungguhnya kita sedang dijajah dgn kebodohan, bukan dgn senjata, dan mungkin hanya beberapa gelintir dari kita yang resah. Bangsa kita berduyun2 menjadi perlente. Ingin punya blackberry, tapi uang tak mencukupi, akhirnya menjual kelamin sendiri. Padahal apa artinya blackberry? Toh ga akan dibawa mati. Bangsa kita ingin menjadi Valentino Rossi, motor kreditannya dipoles ala motor balap. Kebut2an di jalan raya, kecelakaan lalu mati, meninggalkan anak istri yg masih butuh dukungan suami.
    Terlalu banyak potret kebodohan di negeri ini. Tinggal tergantung kita ingin memihak yang mana. Ingin ikut2an bodoh, atau berpijak pada prinsip kita sendiri, dgn mensyukuri anugerah Tuhan yg kita terima hingga hari ini.
    Merdeka!!

    • setuju nih, bangsa kita itu sebenernya punya banyak prestasi, cuma pada minggat ke negara tetangga, soalnya disini dihargain murah!

  45. komen apa lu pada ??? ha ? bisanya cuma komen komen dan komen, itulah cermin dari org bodoh, cobalah bertindak buat memperbaiki negri ini mulai dari membuang sampah pada tempatnya, tidak komen yg tidak perlu

  46. kalau anda merasa pintar anda harus bisa melakukan sesuatu bermanfaat untuk negara ini, jangan egois dong yang bisa hanya bisa mencela………. itikan lebih bodoh lagi.

  47. Manusia sama saja,Malaysia dan Indon sama saja..kalau Orang Malaysia mengatakan Indon bodoh maka dia sebenarnya meludah muka sendiri sepuluh kali lipat sebab datuk nenek org Malaysia itu kebanyakanya adalah berasal dari Indon juga seperti Jawa,Banjar,Bugis dll..hairan,kenapa org Cina di Indon dan Malaysia lebih berjaya dpd keduanya?

  48. orang indonesia mmg bodoh, kalau pinter kenapa harus merempat di Malaysia..malaysia negara kecil tapi mampu membangunkan ekonomi..tetapi indonesia negara yang besar penuh dengan orang2 bodoh..

  49. kenapa malaysia terlalu bangga dengan adanya tki di malaysia dan menganggap bahwa indonesia tdk bs mencari uang sndiri?
    Padahal merekalah yang lebih memalukan, seperti mencuri kebudayaan2 indonesia

  50. waduh, mau masuk sekolah negeri aja kebanyakan menggunakan sistem uang, bantuan org dinas, dll!
    Anak kurang mampu tetapi benar2 pintar tersingkirkan, tetapi anak2 bodoh dan kaya rata2 masuk negeri semua!!!
    Bagaimana bangsa ini mau maju!!!

  51. mohon izin sedot ea gan….

  52. mari kita tingkatkan kebodohan, semakin bodoh lebih baik. mereka merasa pintar kita merasa bodoh.. kalau pintar semua siapa yang bodoh……………………….saya/…….

  53. bener bgt, selain itu juga ada masalah bullying dan tawuran….., saya do’ain kamu jadi mendiknas kelak. Amin, amin.

  54. Subhanalloh… panjang juga komennya,

  55. .

  56. mt pg guys..

  57. hye guys..

  58. Great delivery. Great arguments. Keep up the amazing work.

  59. BANGSA INDON BANGSA PEROKOK , PANTESAN BODOH

    • Jangan gaduh2,,kitakan serumpun,,saya sayang sama malaysia,,saya juga suka sama indonesia,,rumah abang saya dibuat oleh bangsa kalian,,rumahnya cantik sekali,,kalian juga punya kelebihan atau kecerdikan tersendiri,,jangan membodohkan diri kalian,,salam dari malaysia

  60. karena kalo di indonesia, orang yang berusaha membenarkan sesuatu malah dimusuhi dan dianggap sesat. nggak cuma pelajaran eksak, harusnya sejak dini harus ditanamkan perilaku moral & etika yg bener, jd nggak pada norak gedenya

  61. baby potty seat

    Mengapa Orang Indonesia Bodoh? | Dunia Pelajar dan Mahasiswa


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.