Manajemen Waktu!!!

Waktu semua manusia di dunia ini sama, 24 jam telah diberikan oleh Tuhan. Tapi mengapa ada orang yang sukses dan yang gagal? Mengapa ada yang bisa melakukan banyak hal dan yang cuma menganggur? Rahasianya ada pada bagaimana kita bisa mengatur waktu.

 

Enam hal yang sering dialami pelajar yang suka mengeluh ‘gak punya waktu’:

  1. Meremehkan waktu yang tersedia
  2. Membuang-buang waktu
  3. Menunda tugas hingga saat terakhir
  4. Membesar-besarkan tugas yang didapat
  5. Tidak menepati deadline
  6. Datang terlambat

Jangan Suka Menunda-nunda! Agar tak menunda-nunda tugas:

  1. Membentuk pikiran positif
  2. Menetapkan tujuan jelas
  3. Menentukan prioritas
  4. Membagi tugas besar menjadi kecil-kecil
  5. Berkomitmen pada tugas
  6. Gunakan pengingat/alarm
  7. Hargai diri sendiri

Kita harus disiplin! Just like Bobby Knight says…Discipline is:

  1. Do what has to be done
  2. When it has to be done
  3. As well as it can be done
  4. Do it that way every time!

(taken from Ma Chung University Study Skills hand-out…just wait for d’next part!^^)

8 Komentar

  1. Kalo saya sih susah ngatur waktu
    Suka nunda2 kerjaan trus kalo udah kepepet suka nyesel
    mungkin salah mraktekin Mestakung kali yaks? :)

  2. Good point
    saya setuju, kita harus mengharhai waktu…karena sangat berharga..
    dalam suatu gaya menegement Korea ada kampanye hemat waktu 5 detik per orang. kalau waktu ini dikumpulkan selama setahun dikalikan jumlah karyawan, berapa produk yang dapat dihasilkan?

    salam kenal

  3. ow…

    “membesar2kan tugas”

    seikai ! ! ! (b.jpg=tepat)

    pdhl tgs mah pst bsa dselesaikan pd wktunya kalu kita niat dlm hati, tp di otak aja udah negatif, otomatis kesananya negatif…

  4. kalo saya hanya nomor 1 sampai 3 saja yang sering dilakukan.
    sisanya (4-7) masih susah untuk dilakukan.

  5. Bagus memang tulisan masnya tapi giaman dengan masnya sendiri…
    udah rapi belum waktunya????

  6. @ muara
    hehehe emang blum sih…xp
    btw saia Mbak ya bukan Mas…^^”

  7. emang bener sich waktu itu hrus qt atur sebaik mngkin krn wktu tak dpt kembali,, tp terkdang pengaplikasiannya ckup sussahh… perlu belajar sjak skrg agar qt tdk menyia-nyiakan wkt.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.