Mengapa Pelajar Mencontek?

 

Rasanya dari dulu pertanyaan itu sulit terjawab ya…^^ Memang mencontek seperti sudah jadi tradisi bagi pelajar, apalagi pelajar Indonesia. Menghilangkannya susahhh banget, kayaknya malah sekolah gak afdol kalo gak pernah nyontek. Mencontek jadi salah satu bagian dari kenangan masa remaja yang paling indah. Hehehe…

 

Setelah ditimbang-timbang dan ditera ulang (kayak tangki Pertamina aja^^) setidaknya ada 5 alasan mengapa pelajar Indonesia mencontek (dan memberi contekan).

1.      Tidak sempat belajar

Ini dia alasan yang paling umum. Apalagi untuk pelajaran2 ‘kelas berat’ macam Matematika dan Fisika. Wuihhh, bisa dijamin pas ulangan satu kelas gak bisa diem. Hal ini bisa karena pelajarannya terlalu sulit atau waktu belajarnya mepet (via SKS).

2.      Mempererat pertemanan

Ini juga jadi alasan mengapa banyak pelajar yang mau menconteki. Rasanya gak enak juga menolak ‘permintaan’ teman…ntar bisa2 dicap pelit ilmu. Apalagi kalo yang minta contekan adalah gebetan…wuaaa, lembar jawaban juga bisa langsung dikasih^^.

3.      Biar dianggap gaul

Kalo gak nyontek rasanya dianggap kuper, ‘cupu’, terlalu rajin belajar, dsb. Yang lebih parah kalau sudah dianggap egois dan sok pintar. Mencontek jadi dianggap sebagai salah satu ‘tren remaja’.

4.      Memperbanyak pilihan jawaban

Alasan ini khususnya untuk tipe ‘pencontek licik’, yaitu yang sebenarnya sudah belajar tapi tetap saja mencontek (dan suka mencontek tapi tidak mau dimintai contekan). Mereka ini biasanya mencontek untuk membandingkan jawabannya dengan punya teman lain. Atau untuk mencocokkan jawaban yang masih ragu2…

5.      Udah tradisi

Kenapa nyontek ya? Udah kebiasaan kali! Meskipun udah belajar, tapi kalo ada jawaban yang ragu sedikiiit aja, maunya langsung tanya temen. Malas mikir. Ada juga yang tiap ulangan gak pernah belajar, nyontek trusss. Waa…

 

Menurut teman2 sendiri bagaimana? 

1 Komentar

  1. Nyontek???
    Serem aja… gak ding serem banget…

    In my opinion, instead of the poor system education of Indonesia, “NYONTEK” is the major key that break the quality of its education…

    Aku juga, kadang suka dikatain ‘sok alim, sok rajin, dan sok …..etc’ kalo menolak nyontek or ngasih contekan.

    Itulah makanya indonesia gak maju-maju,,, soknya ngatain pejabat korupsi, padahal pelajar/mahasiswa yg nyontek itu awal dari segala macem korupsi….

    kalo, gak lulus ujian, yg disalahkan temannya, gak ngasih contekan, pelit, dan segala macamnya lah…
    padahal salah dia sendiri gak belajar…

    Kalo keadaan Indonesia sudah seperti ini, siapa yang jamin pendidikannya bisa ‘get better’, mau 10 tahun lagi kek, 15, 20, bahkan 100 tahun lagi, gak akan berubah,,, it will get worse and worse,,,

    Let’s wish upon a star, of having a better education in Indonesia,,,
    there’s nothing we can do…
    (pasrah…)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s