Tips Menyiasati Pelajaran

 

Jadi anak sekolah zaman sekarang PUSING… Pelajaran bejibun tugas bertumpuk, bikin belajar jadi gak fokus. Sebenarnya, setiap pelajaran punya ‘karakter’ sendiri2. Cobalah Teman memahami ini dulu sebelum menentukan bagaimana cara belajar yang sesuai.

1.      Matematika

Inti dari penguasaan Matematika adalah latihan soal. Matematika adalah pelajaran yang menuntut penyelesaian masalah secara logis dan runtut—yang sayangnya tidak bisa dihafalkan. Satu-satunya cara untuk menguasainya adalah dengan membiasakan diri mengerjakan metode2 penyelesaiannya. Jika terbiasa, tanpa sadar kita akan ‘paham2 sendiri’.

2.      Fisika

Untuk memahami pelajaran ini dibutuhkan pemahaman konsep dan latihan soal. Jika keduanya sudah dikuasai, sebetulnya Teman tidak perlu takut dengan deretan rumus. Menghafal rumus tanpa memahami konsep bisa2 berakibat keliru menafsirkan soal. Lagipula, itu hanya akan membuat kemampuan Fisika Teman ‘pincang’. Kalaupun bisa mengerjakan soal, Teman tidak tahu bagaimana penerapannya di kehidupan nyata.

3.      Kimia

Gabungan pemahaman konsep, hafalan, dan latihan soal. Kimia sebenarnya pelajaran yang menyenangkan^^. Kalau boleh dimampatkan, inti materi Kimia bisa jadi hanya satu: Tabel Periodik Unsur. Selama Teman hafal urutannya, paham sifat2nya, dan tahu penggunaannya, dijamin belajar Kimia akan lebih mudah. Jika menyangkut Stoikiometri dan sejenisnya, perbanyak juga latihan soal.

4.      Biologi

Banyak yang mengidentikkan Biologi dengan hafalan, tapi untuk menghafal materi yang ‘sakgedhabreg’ itu memang sulit luar biasa. Agar lebih mudah, Teman bisa membuat peta konsep. Membaca uraian di buku teks kadang2 bikin ngantuk… Lebih baik Teman ringkas dulu materinya, buat skema garis besar, baru tambahkan detil2nya. Dengan begini materi lebih terstruktur sehingga mudah dihafal.

5.      Ekonomi

Materi yang agak sulit biasanya berhubungan dengan kurva. Cara terbaik untuk memahami adalah dengan memperhatikan penjelasan guru. Metode mengingat secara visual rasanya lebih cocok untuk memahami kurva. Selain itu, pengetahuan akan perkembangan ekonomi faktual juga sangat membantu menguasai pelajaran.

6.      Sosiologi, PKn

Pelajaran menghafal sejati. Agar lebih mudah, hafalkan materi di LKS dulu sebelum membaca buku teks. Pengetahuan tentang berita sosial politik terkini di surat kabar akan sangat membantu.

7.      Geografi

Porsi hafalan cukup banyak, tapi sebenarnya Geografi juga ada kaitan dengan materi IPA, terutama Fisika. Memahami konsep juga diperlukan di sini.

8.      Sejarah

Belajar Sejarah sejatinya seperti mendengarkan dongeng. Daripada merasa berat karena harus menghafalkan banyak hal, lebih baik pahami dulu latar belakang dan kronologi peristiwa sejarah. Kaitkan satu peristiwa dengan peristiwa lain. Tidak sedikit peristiwa sejarah yang sampai sekarang masih meninggalkan misteri. Untuk Teman yang hobi jadi ‘detektif’, hal ini bisa djadikan pemacu semangat belajar.

9.      Bahasa Inggris

Momok terbesarnya memang grammar. Sebenarnya kalau Teman2 terbiasa membaca teks bahasa Inggris, menentukan grammar yang tepat tidaklah sulit. Tanpa sadar lama2 akan timbul ‘sense’ sendiri dalam diri Teman untuk menyusun struktur kalimat secara benar. Untuk menambah vocab, selain sering2 membaca, perbanyak nonton film berbahasa Inggris. Untuk latihan listening, dengarkan musik Barat sambil membaca lirik plus terjemahannya.

10.  Bahasa Indonesia

Hmm…apa yah tipsnya^^ Yang penting sering2 baca koran untuk memperkaya kosakata dan membedakan antara kata baku dengan yang bukan…

11.  TI

Sering2 praktik dan coba2 komputer sendiri…

12.  Agama

Ibadah yang rajin…^^

 

Menurut teman-teman sendiri bagaimana?

7 Komentar

  1. Setuju tuh kawan, kita emang terkadang tidak menyadari bagaimana metode yang pas untuk mengerti mata pelajararan yang bersangkutan.

    Gw ada usul nih, untuk Biologi menurut gw lebih efektif dengan praktek. Misal, lagi pada ngomongin anatomi tubuh manusia, yaa sekalian ditunjukkin yang mana2 aja, agar kita lebih gampang mengingatnya karena direkan secara visual.

    Terus buat sosiologi dan pkn, menurut gw juga bisa pake Peta Konsep tuh…

    Btw, gw suka blog lu kawan. Satu misi sama blog gw…
    Mau gw taruh di blogroll gw nih, gantian yah…

  2. yaps,aku setuju itu.aku suka blog kamu kawan……………..^_^

  3. Lumayan dah bwt ku terapin bwt blajar prsiapan UN bsug.

    Thx 4 d info.

  4. .yupzt q juga setuju banget…….

    Oh ych mksh tips.y

  5. siiiiip……………..,oke tuch, tp agak krang dlam biologix, coz mnrut q Biologi adlah gab. dri smwa ilmu, (coz q mhsiswa biologi)

  6. Ak stju dgn smua tips”.a ,, memank pelajaran jika kta udh prtma emg gk ska psti kta tdk akn tw, saranku jka ingn mudah meyiasati pljaran,, sayangi dlu mapel.ny …

  7. menurut saya belajar itu asik, meyenagkan.
    saya meyukai guru yang suka bercanda membuat belajar jadi asik terus santai, sebenar nya saya menyukai orng jepang karena orng nya disisplin
    yang paling saya sukai adalh belajar sejarah, karena belajar sejarah mengali perestiwa yang belum terungkap.
    saya mempuyai kata motivasi
    (keberhasilan bukan dari kepintaran tapi berasal dari ke disiplinan)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s