Indonesian Most Wanted Professions 2013

 

Kira-kira 4 atau 5 tahun lagi, kita akan bekerja, Teman! Kita akan jadi apa yang kita cita-citakan! Amin…hehehe…Belum punya cita-cita? Gak usah takut! Melihat tren yang lagi in sekarang, bisa diramalkan profesi apa yang paling laris di masa depan. Banyak sekali sebetulnya. Tapi dua besar teratas jelas duet ‘calon orang kaya’ ini. Saia sedang coba buat daftar lanjutannya, kapan2 akan saia publish lagi. Silahkan pilih satu yang paling sesuai dengan bakat dan minat Teman, then start to reach ur dream! Jadilah pemimpin masa depan, Teman!^^

 

1.      Entrepreneur

Pengusaha memang lagi booming! Di mana-mana sekarang banyak seminar ‘cara cepat jadi pengusaha’. Wajar memang, karena pertambahan jumlah penduduk kita tidak sebanding dengan pertambahan lapangan kerja. Cara yang terbaik tentunya adalah membuka lapangan kerja baru. Bukan begitu?

Pak Ciputra, juragan properti Indonesia itu, pernah bilang kalau Indonesia akan lebih sejahtera jika minimal 2% penduduknya menjadi pengusaha. Faktanya, pengusaha Indonesia sekarang baru 0,18%! Waa…padahal di Amerika Serikat sekarang sudah ada 11%, ckckck… (Saia baca di Jawa Pos, rada2 lupa dikit, kalau salah mohon diralat^^)

Pengusaha adalah mata rantai ekonomi. Proses ekonomi selalu berawal dari PRODUKSI bukan? Kalau nggak ada pengusaha, nyaris semua profesi nggak ada artinya! Sehebat apapun, mereka2 hanyalah PEKERJA, yang nggak akan mungkin digaji tanpa ada BOSnya. Bukan begitu, Teman?

Apalagi sekarang zamannya free trade. Kalau nggak mau banjir barang impor (kayaknya udah kejadian nih^^), kita harus punya produk bagus. Teman2 tahu, nyaris semua pengaruh sosial budaya negara2 maju dipancarkan dari produknya. Contoh kecil, orang2 tidak akan sukarela belajar bahasa Mandarin tanpa realita bahwa produk Tiongkok sedang menguasai pasar dunia saat ini. Budaya Barat nggak akan mengglobal kalau mereka tidak mengekspor produk canggih mutakhir ke seluruh dunia. Mungkin seandainya kita berhasil menciptakan terobosan sekreatif Microsoft dengan aksara Jawa, barulah orang2 tertarik belajar bahasa Jawa. :[]

Pengusaha memang selalu identik dengan ‘pencipta’. Biar sekecil apapun, dalam setiap produk pasti ada sesuatu yang unik, membedakannya dari produk sejenis. Itulah hasil kreativitas sang pengusaha. Bedanya dengan ilmuwan alias penemu, mereka ‘mencipta’ dan menyebarluaskannya ke masyarakat dalam bentuk siap-pakai. Kombinasi otak ilmuwan dan insting bisnis memang menakjubkan, Teman^^

Nah, jenis pengusaha yang ‘alamat kaya’ di masa depan antara lain pengusaha IT, elektronik, properti, kuliner, media (terutama TV), dan seabreg lainnya. Jadi nggak usah ragu untuk menetapkan cita2 jadi pengusaha, Teman!

 

Start from now : Mulai berjualan. Gak usah yang rumit, mulai saja dari barang favorit. Mungkin kue, aksesoris, minimal jadi distributor dulu. Kalau Teman memiliki ketrampilan dalam sesuatu, coba menciptakan produknya. Terampil desain, buat aksesoris. Terampil masak, buat kue. Berikan ciri khas pada produk Teman, lalu tawarkan kepada kawan. Tunda dulu profit oriented, yang penting belajar bisnis dulu. Kunci utamanya tidak takut gagal.

 

2.      IT Expert

Hari gini masih gaptek? Basi kaleee… =p Dunia sekarang serba digital, yang tidak paham akan tertinggal. Apalagi dengan perkembangan internet yang kuencenggg banget, tambah laris aja jagoan2 IT kita^^

Tiga profesi utama yang hampir pasti untung besar terutama adalah :

Programmer Timbunan data di perusahaan dan instansi pemerintah, siapa lagi kalau bukan dia yang mengolah. Butuh program brilian untuk memprosesnya, Teman. Java, Pascal, C++, mungkin ada Teman yang sudah mempelajarinya di SMA bukan? Perhatikanlah baik2, karena bisa jadi ilmu itu akan jadi ladang uang bagi Teman!

Web designer — Dunia maya sekarang super sesak, Teman. Jutaan situs dan blog berebut mencuri perhatian. Apalagi online business sekarang sungguh menggiurkan. Cukup buat situs/blog menarik dan pasang iklan, penghasilan tetap sudah datang. Makanya, web designer yang canggih amat dibutuhkan. HTML dan CSS yang sudah Teman pelajari di SMA janganlah disia-siakan!

Graphic designer — Ladang utama profesi ini jelas di dunia periklanan. Iklan di TV, koran, majalah, poster, baliho, dkk. Makin menarik iklannya, makin laris produknya. Memang ajaib apa yang bisa kita lakukan dengan Corel Draw, Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks dan Flash, dkk. Selain di periklanan, desainer grafis juga laku berat untuk layout media cetak, bahkan bikin komik.

 

Start from Now : Kuasai software2 yang jadi minat Teman (dan yang laris di pasar tentunya^^). Rajin berlatih. Manfaatkan waktu luang untuk mengutak-atik software itu. Makin terbiasa, makin luwes bekerja. Gunakan buku2 petunjuk penggunaan software untuk membantu. Mau lebih irit, seringlah coba2 sendiri sambil membaca petunjuk di menu Help (plus buka kamus tentunya^^) Kunci utamanya rajin mencoba.

 

Menurut Teman2 sendiri bagaimana?

1 Komentar

  1. wow…

    betul itu kk

    menurut gw si bagus . emang si kek nya dan insa allah itu prospek perkerjaan 4 th kedepan..

    buktinya sekarang aja teknologi udah berkembang gitu.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s