Biaya PTN Gila-gilaan

Topik ini sebetulnya sudah cukup sering dibahas sih…tapi saia rasa ini penting banget buat kemajuan pendidikan bangsa, hahaha sok ngartis amad^^

ambil contoh PTN ternama di kota saia (Malang). ini PTN (menurut saia) sunggu gila2an. ada buanyakk jalur (baik sah maupun ‘terselubung’) untuk masuk ke sana. mulai SPMB, PMDK, SPMK, SPKS, dan apa lagi lah namanya, sampe lupa saia…

seolah2 PTN ini mau meraup rupiah sebanyak2nya tanpa pandang status akademik dari calon2 mahasiswa ini. Teman bisa bandingkan, jalur ekstensi untuk Fakultas Kedokteran (FK) saja mencapai 130 juta. padahal di Unair ‘hanya’ 100 juta. para calon mahasiswa yang diterima lewat ‘jalur duit’ macam inipun sangat ‘diragukan’. salah satu maba yang sudah diterima di Kedokteran lewat jalur ekstensi bahkan ternyata tidak lulus Ujian Nasional. sungguh saia tidak tahu apa sih sebenarnya yang dipikirkan para petinggi2 PTN itu???

apa gaji mereka sebagai dosen PNS masih kurang? apa anak2 mereka masih kelaparan dan tinggal di kolong jembatan? apa mereka tidak ingin anak2 indonesia pintar hanya karena tidak mampu bayar? KEJAM. NISTA. BERHATI BEKU. gak habis pikir saia bagaimana mereka layak disebut GURU. profesor lagi. bah.

maaf saia emosi. ini hanya contoh kecil saja. lain kali akan saia posting tulisan bersambung tentang ‘kebiadaban’ PTN2 ini.

oh iya, untuk Teman2 yang saat ini sudah diterima jadi mahasiswa baru di PTN2 se-Indonesia, jika berkenan tolong informasikan jenis2 biaya yang harus Teman bayar. atau bisa juga Teman yang kebetulan tahu tentang info biaya tahun ajaran ini (2008/2009). data ini penting skali, Teman. trimakasi!^^

4 Komentar

  1. Kemarin keponakan saya masuk SMA di Malang karena dari luar daerah masih harus bayar 10jt. Padahal dia masih harus ditest, pakai surat rekomendasi DIknas. Wah saya mikir…nanti anak saya harus bayar berapa ya…
    Kedokteran unibraw 130 jt !!! mending sekalian sekolah di luar negeri, gak beda jauh…

  2. emang zaman sekarang cari sekolah gratis itu kayak cari beras sebutir yang nyemplung ke bak pasir, hehehe…
    wuah, 10 juta untuk SMA? padahal SBI SMAN 3 Malang saja cuma sekitar 5 jutaan…
    adu…kenapa sih petinggi2 pendidikan itu pada gak mau anak2 indonesia jadi PINTER???

  3. jangan salah bung. gaji dosen itu kecil. banyak teman saya dosen tapi masih ngajar di bimbel. yang enak jadi guru di jakarta. biaya pendidikan itu mahal. tapi masalahnya, ditanggung oleh siapa? rakyat atau negara?

  4. pantas aja kalo ke dokter biayanya mahal.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s