Biaya Kuliah PTN 30 Juta per Tahun, Masa Sih?

Baca Jawa Pos hari ini (26 Juli 2008) di halaman 3 ada berita mengejutkan. Menurut Depdiknas biaya kuliah PTN Rp 30 juta per tahun! Kalo ditotal berarti 40 juta selama 4 tahun! Muosok sehhh???

Coba deh itung…SPP per semester standarnya 600 ribu (IPS Unair) sampe 700 ribu (IPA Unair). SKS-nya paling 60 ribu/SKS (IPS UGM) dan 75 ribu/SKS (IPA UGM). Itupun di beberapa PTN SKS masih gratis. Uang pangkal? Standarnya 5 – 15 jutaan lah. Masa iya sih sampe 120 JUTA BUAT 4 TAHUN?

Bahkan kata Pak Fasli Djalal (sang Dirjen Dikti Depdiknas) itu baru biaya standar loh… Wuihhh, duit segitu mending buat bikin bisnis Pak, bisa balik modal. Daripada buat kuliah, lulus pun belum tentu dapet kerjaan. Amit2 deh…

Mungkin maksudnya Pak Fasli ‘standar’ itu setingkat UI atau ITB kali yah. Kalo buat PTN-PTN ‘borju’ macam gitu sih, kayaknya duit segitu wajar. UI aja uang pangkal jurusan FISIP 10 juta. Belum yang kedokteran ma teknik loh!!!!! SPP-nya per semester 7,5 juta (untuk teknik) dan 5 juta (untuk sosial). SKS-nya saia belum tahu. Pastinya morotin kantong juga. Kalo ITB lewat jalur USM Pusat uang pangkal minimal 20 juta. Lewat USM Daerah 30 – 60 juta lebih. Kalo diitung2 mungkin juga sih nyampe 120 juta…

Di (calon) kampus saia, uang pangkal normal 12,5 – 25 juta. Tapi ada jalur beasiswa sampe 0 rupiah. SPP per semester 1 juta (untuk IPS) dan 1,5 juta (untuk IPA). Per SKS-nya 100 ribu (IPS) dan 150 ribu (IPA). Pelatihan softskill, kemahasiswaan, dan asuransi kesehatan 1,2 juta per tahun. InsyaAllah gak ada macam2 ‘pungli’ lagi selama kuliah. Kalo dibandingkan sama PTN borju itu kayakna kok gak terlalu mahal yah…padahal (calon) kampus saia ini swasta lho.

Memang benar kata Eko xxx (saia lupa nama lengkapna, yang jelas bukan Patrio^^), ORANG MISKIN DILARANG SEKOLAH. Naudzubillah…

3 Komentar

  1. Reality show dunia pendidikan kita mbak,
    buat mas Eko (kalo ngga’ salah) tenkiu cerita Gusti Allah ngga’ ndeso-nya,

  2. karena sekarang ini kita sepertinya ngontrak di rumah sendiri mas, dana pemerintah untuk bancakan para petinggi dan pejabat, buktinya sudah banyak yg tertangkap oleh KPK, yg tertangkap baru kelas kakap dulu blm ke instansi-instansi pemerintah daerah. Setiap urusan ke pemerintah daerah mesti dengan pelicin uang, kalau tidak ya bakalan di jadikan bola pimpong, semua pakai upeti, siapa yang salah? ya para pemimpin di kita yg bertanggung jawab. Yang pegawai saja ngurus SK saja kalau tidak keluar uang ya bakalan di kesampingkan dengan berbagai alasan.

  3. kebijakan kampus, dunia pendidikan memberi kebebasan bagi setiap pengelola lembaga unitas memberikan stress pada mahasiswa. Ada baiknya setiap universitas mengembangkan dunia wirausaha untuk mahasiswa


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s