Kompetisi WEB Kompas MuDA & AQUA

Sejak 23 Januari kemarin saya mencoba mengikuti Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua yang diadakan oleh Kompas MuDa (elemen halaman Kompas yang ditujukan untuk anak muda, semacam DETEKSI-nya Jawa Pos). Kompetisi Web ini terbilang beda karena nggak hanya menilai tulisan dan desain web, tapi juga PERINGKAT DI GOOGLE. Makanya, mau gak mau peserta harus belajar SEO (Search Engine Optimization) termasuk yang masih newbie seperti saya.

Meskipun udah 2 tahun lebih ngeblog tapi saya nggak pernah nyoba SEO *cupu*. Istilah yang familiar cuma blogwalking, itupun jarang, karena saya tipe blogger yang cuma nulis untuk diri sendiri, sekedar menuangkan perasaan, kurang suka blogwalking (kecuali ke blog temen2 sendiri) dan bersosialisasi di forum dunia maya. Dengan gitu aja ternyata kata masRichard Lin blog saya udah dapet pagerank 2. Meskipun nggak segitu ‘ngeh’ sepenting apa sih pagerank 2 itu, tapi dari caranya bicara kayaknya itu sesuatu yang cukup bagus😛

Namun ketika mengikuti Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua ini saya jadi belajar lebih jauh tentang SEO. Sebenernya SEO itu nggak sulit cuma butuh “modal nekat” karena nggak butuh skill khusus, yang penting ada kemauan untuk aktif sebar backlink. Pada awal posting artikel web saya sama sekali belum di-indeks Google untuk kata kunci “Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua”. Kemudian saya diberi beberapa tips oleh Ayub Lin gimana caranya SEO… Lalu mas Richard Lin juga berbaik hati memposting backlink di website-nya yang ber-pagerank 3, dan mbak Mutiara Aisyah juga mencantumkan backlink ke web saya di salah satu berita website Ma Chung.

Saya juga baca2 tips kontestan lain yang udah jagoan SEO untuk posting di Social Bookmark yang buanyak banget alias Dofollow (saya juga gak ngeh sebenernya Dofollow/Nofollow itu apa sih?)

Dan hasilnyaaa ternyata pada tanggal 27 Januari web saya udah terdaftar di peringkat 7 halaman 3! Rasanya seneeeeeeeeeeeeeeeenggggggggggggg buangeeeeeeeeeeeetttttttttt wow! Ternyata SEO itu asyik yaa…seruuu…sehari aja (kemarin) gak optimasi peringkat saya dah turun urutan ke-10 meski masih di halaman 3, jadi blog commenting digencarin lagi deh.

Pengalaman baru lainnya saat blogwalking ke web kontestan lain saya terkesima karena ternyata banyak banget kontestan yang web-nya ada di peringkat teratas google (alias jagoan SEO) ternyata masih SMA! emang sih ini lomba khusus pelajar dan mahasiswa..tapi seneng aja gitu melihat mereka kecil2 udah jagoan SEO (mungkin karena masih muda jadi berapi-api nyebar backlink :P). Waktu sebelumnya ikut kontes web Jagoan Hosting juaranya juga anak SMA yang kreatif banget bikin posting yang unik dengan gambar dan video buatan sendiri😀

Kesimpulannya bahwa ternyata JIWA MUDA ITU SANGAT BERHARGA. Anak muda itu punya dua kekuatan utama: KREATIF dan SEMANGAT! Saya seneng banget ngelihat adik2 SMA yang niat ikutan lomba ini. Semangat mereka ngingetin juga masa2 SMA di mana saya masih sangat idealis dan berapi-api mengejar impian menjadi seorang jurnalis, semangat yang sayangnya semakin pudar seiring bertambahnya usia *berasa emak2*

Jadi evaluasi diri, mumpung masih 20 tahun…belum terlalu tua deh untuk disebut “anak muda”😀

Harus banyak berkarya yang bermanfaat…masa muda itu datengnya cuman SEKALI SEUMUR HIDUP, status PELAJAR/MAHASISWA itu cuma bisa disandang satu kali, status yang memberi kita banyak banget peluang untuk mengejar impian…

Well, pantang mundur semangat nggak boleh kendur!😀

Jangan lupa komen ya di posting ini:
Kompetisi Web Kompas Muda & Aqua

Di artikel2 ini saya juga menyertakan backlink ke website Universitas Ma Chung, itung2 promosi kampus😀

1 Komentar

  1. Here are the top ways that the assistant can help customers find you
    right when they need you:. com, or you’re planning to open one soon,
    it’s certain that some amount of homework will equip any
    crafter with improved knowledge of their unique niche,
    value, and target audience. You could offer this free chapter as a bonus for signing
    up to your newsletter.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s